Thursday, April 19, 2012

Buanglah Rasa Grogi dan Rasa Takut!

Kapan pertama kali kamu diikutsertakan dalam pertandingan basket? Pengalaman pertama bertanding biasanya di penuhi oleh rasa grogi. Mati gaya jadinya !
Nih tipsnya biar gak grogi .

1. Berdoa.
Dengan berdoa, maka keyakinan akan muncul di hatimu. Dengan munculnya keyakinan tersebut, setidaknya bisa menambah rasa percaya diri. Berdoa agar dimudahkan saat pertandingan. Berdoa agar memenangkan pertandingan. Apa salahnya berdoa ? Terkadang dengan doa, Tuhan bakal ngasih kita keberuntungan.
“Keberuntungan adalah sesuatu dimana
persiapan bertemu kesempatan.” Oprah Winfrey


2. Latihan dan persiapan yang cukup.
Gimana sih biar menang ? Jawabannya latihan, latihan dan latihan. Tak ada jawaban yang bagus selain berlatih. Dengan rutin berlatih, maka kau akan memiliki persiapan yang matang. Kematangan itulah yang tak akan membuatmu grogi mendadak.


3. Kuasai posisi lain
Bila kamu ditugaskan menjadi PlayMaker, padahal kamu adalah center, anggaplah bahwa kamu juga seorang PlayMaker professional . Basket tak harus diam di posisi yang selalu sama, terkadang kau harus belajar pada posisi lain agar bisa membantu mneutupi kekurangan tim.


4. Disiplin.
Datang di pertandingan tepat pada waktunya agar kamu memiliki waktu untuk menyusun dan mengingat strategi, taktik dan teknik yang di gunakan pada pertandingan. Disiplin itu perlu, karena jika telat akan membuat kamu panik.


5. Bercanda agar rileks.
Jangan terlalu tegang. Anggap pertandingan seperti latihan. Begitu juga saat latihan, anggap setiap latihan adalah pertandingan. Sisipkan tawa dan canda agar suasana tidak terlalu kaku.


6. Beri penampilan terbaik
Tidak ada orang yang sempurna, tapi kalimat tersebut bukan alasan untuk tidak memberi performa yang terbaik. Memberi penampilan terbaik dengan cara kerja sama, bukan individu.


7. Buang rasa grogi.
Karena grogi bikin kamu jadi serba salah, menghambat kemenangan dan membuatmu menjadi orang yang ceroboh. Grogi bikin rugi!
 

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menghilangkan rasa grogi. Jika kamu belum punya cara untuk mengusirnya, maka rasa grogi akan terus menghantuimu.
Grogi itu identik dengan rasa takut, rasa ketidakmampuan, kurangnya persiapan. Duh, grogi aja banyak alasan. Padahal sifat itulah yang menjauhkan kalian dari kemenangan. Kalian kan punya otak, manfaatin dengan baik. Selalu kasih motivasi positive, jauhkan dari hal yang membuat kamu down.
Hal yang membuat down adalah ketika kita merasa takut jika melakukan kesalahan. Ingatlah saat kau salah, kau akan belajar agar kau bisa selalu benar. Kesalahan dan kegagalan adalah proses dari kemenangan.

“Life is like a basketball. Sometimes we lost a few before we can win.”
Dari sini saya jadi ingat kata-kata dari Bong Chandra, dia bilang “Lebih baik gagal dan belajar daripada mati karena tidak pernah mencoba.”
Meski dalam keadaaan yang buruk dan grogi sekalipun, sebagai pemain yang hebat, jauhi pikiran negatif. Selalu bangun pikiran positif.

Ngomong-ngomong soal pikiran positif, pikiran yang baik seperti ini bisa dibangun dengan rasa percaya diri. “Gue takut kalah nih”, jikalau anda pernah berpikiran seperti itu, pasti dikarenakan oleh ketidakpercayaan diri yang sangat kurang. Jangan pernah merasa tak mampu. Ingat deh, kalau anda yakin, pasti segalanya bakal terasa mudah.
Takut Berbuat salah dan takut jika kalah, dapat menyebabkan anda berhenti berusaha.”

Krisis kepercayaan diri seperti ini akan menghambat potensi kamu. Misal, saat kamu di kepung oleh lawan, kamu masih takut untuk passing, dan lebih takut lagi untuk melakukan penetrasi ke dalam. Keraguan ini yang membuat bola gampang di steal oleh lawan. Dalam hal ini, ketidakpercayaan diri dapat menjauhkan kamu dari kemenangan. Kalau kamu bisa menguasai rasa takut, kamu akan bisa merebut peluang di dalamnya.
“If you believe you can, You can. If you believe you can’t, you can’t.”

0 komentar:

Post a Comment

 
;